×

Google Penguin

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Google Penguin

25 October 2012

Google mengeluarkan "Penguin" update (awalnya dijuluki "webspam update" oleh Google) pada tanggal 24 April. Update ini membawa kekhawatiran bagi banyak Webmaster dan SEO akan terjadinya penurunan atau bahkan kehilangan traffic pada website mereka.

Apakah yang dimaksud dengan Penguin Update?

Google Penguin adalah nama kode untuk update alogaritma Google yang bertujuan menurunkan peringkat situs yang melanggar Panduan Webmaster Google pada mesin pencari. Pelanggaran tersebut dilakukan dengan menggunakan teknik Black Hat SEO seperti berpartisipasi dalam link scheme, cloacking, keyword stuffing, dengan sengaja menggunakan konten duplikat, dan lain sebagainya.

Spekulasi Faktor – Faktor Yang Dapat Menurunkan Peringkat Website Anda Karena Google Penguin.

Berikut ini adalah spekulasi dari beberapa faktor yang dapat menurunkan peringkat website Anda karena Google Penguin.

  1. Penggunaan anchor text yang tepat secara agresif.
  2. Penggunaan domain yang berlebihan.
  3. Artikel marketing yang berkualitas rendah dan blog spam.
  4. Keyword stuffing pada internal/outbond links.

Apakah Perbedaan Penguin Update Dengan Update Sebelumnya?

Pada bulan Februari 2011, Google mengeluarkan update alogaritma yang bernama Panda Update. Google Panda bertujuan untuk menurunkan website yang memberikan user experience yang buruk. Alogaritma ini mengikuti logika dimana peringkat suatu website ditentukan oleh Google’s human quality raters. Pada Januari 2012, page layout algorithm update diluncurkan dengan target website yang mempunyai konten sangat sedikit (dibawah separuh halaman).

Update terbaru dari alogaritma Google, yaitu Google Penguin mempunyai sasaran utama yaitu spamdexing (termasuk link bombing). Tujuan strategis dari Panda, Penguin, dan Page Layout Update Share adalah untuk menampilkan website dengan kualitas yang lebih baik bagi pengguna mesin pencari Google.

Bagaimana Dampak Dari Penguin Update?

Google menyatakan bahwa Google Penguin mempengaruhi sekitar 3,1 % pencarian dalam bahasa Inggris, sedangkan Panda 1.0 mempengaruhi sekitar 12 %. Google Penguin juga mempengaruhi sekitar 3 % pencarian dalam bahasa Jerman, cina, dan Arab. Pada tanggal 25 Mei 2012, Google meluncurkan update terbaru Penguin, yang disebut Penguin 1.1 yang berdampak pada sekitar  sepersepuluh persen pencarian dalam bahasa Inggris. Penguin 3.0 dirilis pada 5 Oktober 2012 dan mempengaruhi 0.3 % pencarian.

Dua hari setelah Penguin Update dirilis, Google menyiapkan feedback form yang didesain untuk 2 kategori user, yaitu untuk user yang ingin melaporkan web spam yang masih mempunyai peringkat yang tinggi walapun alogaritma pencarian telah berubah dan bagi user yang merasa website mereka terkena dampak dari update tersebut secara tidak adil. Google juga mempunyai form peninjauan kembali bagi website yang menerima email bahwa website tersebut  menunjukkan unusual linking.

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…