×

Cara Memilih Password yang Aman dan Dapat Diingat

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Cara Memilih Password yang Aman dan Dapat Diingat

20 May 2021

Mungkin Anda pernah mengalami ini, notifikasi muncul pada browser Anda dan menujukan bahwa sandi yang Anda gunakan saat ini mengalami bocor. Password merupakan suatu informasi rahasia yang bertindak sebagai kunci untuk semua akun online yang penting bagi Anda, seperti jejaring sosial, email, rekening bank dan seterusnya.

 

Sayangnya, banyak dari kita yang sangat buruk dalam memilih kata sandi. Kita cenderung memilih sesuatu yang mudah diingat, dan karena itu mudah ditebak, dan kita cenderung menggunakannya secara terus menerus. Jika Anda ingin memperkuat keamanan kata sandi pribadi Anda.

 

Baca Juga

 

Praktiknya

Memilih kata sandi untuk akun online Anda tidak berbeda dengan memilih kata sandi untuk suatu perkumpulan rahasia mesti sulit, tidak mudah dilupakan, dan tidak mudah ditebak.

Jika Anda menggunakan "123456" atau "sandi", Anda membahayakan diri sendiri, karena jutaan orang lain juga menggunakan kombinasi yang jelas ini. Ini adalah opsi pertama yang akan dicoba sebagian besar peretas, tepat sebelum "password1" dan "passw0rd".

Penting juga untuk memilih kombinasi huruf dan angka yang tidak mudah ditebak dari data publik tentang Anda. Misalnya, pemindaian cepat halaman Facebook Anda dapat memberi tahu peretas tanggal berapa Anda lahir atau bahkan jalan yang Anda selalu lewati. Jadi, mengerjakan bagian informasi itu menjadi kata sandi tidak akan membuatnya mustahil untuk ditebak.

Praktik terbaik lainnya adalah memilih kata sandi yang panjangnya setidaknya 10 karakter. Semakin panjang kata sandinya, semakin baik; semakin padat campuran huruf, angka, dan karakter khusus, semakin baik; dan semakin tidak masuk akal, semakin baik. Pikirkan tentang kode empat digit, hanya menggunakan angka dan tidak ada yang lain: ada 10.000 kemungkinan kombinasi, tetapi tambahkan satu digit lagi dan itu akan menjadi 100.000. Tambahkan huruf dan karakter khusus, dan perpanjang kata sandi Anda hingga 10 karakter dan seterusnya, dan Anda dapat melihat bagaimana setiap huruf tambahan membantu.

Pakar keamanan Bruce Schneier menyarankan untuk mengubah kalimat acak (bukan kutipan atau frasa terkenal) menjadi kata sandi Anda. Misalnya, "Kami senang menerima email dari Nenek, tapi dia jarang menulisnya." adalah kalimat unik yang bisa menjadi "Wlge-mfG, bsrw0". dengan mengambil huruf pertama dari setiap kata (kecuali "e-mail", yang menjadi "em", dan "o", yang menjadi "0"). Hasilnya adalah sandi dengan huruf acak, angka, simbol, dan banyak digit — dan sandi yang dapat Anda ingat dengan mudah dengan mengingat kalimat lengkapnya.

Jika Anda masih tidak yakin tentang keamanan, banyak layanan web akan memberi tahu Anda seberapa kuat kata sandi Anda saat Anda membuatnya. Mereka juga akan melindungi dari serangan "brute force" di mana banyak sandi dicoba secara berurutan.

Kesalahan kata sandi besar lainnya adalah menggunakan kata sandi yang sama untuk banyak akun. Untuk menggunakan analogi masyarakat rahasia, ini berarti seorang peretas bisa mendapatkan akses ke semua klub Anda sekaligus, hanya dengan membobol klub yang keamanannya paling lemah. Jika Anda menggunakan kata sandi yang berbeda untuk akun email utama Anda, maka tidak masalah jika akun lama yang Anda gunakan tiga tahun lalu itu diretas. Tetapi jika kata sandinya sama, Anda punya masalah.

Salah satu opsi untuk membantu Anda mengingat semua kata sandi akun Anda adalah dengan menggunakan satu rangkaian huruf dan angka acak atau sulit ditebak di beberapa layanan, tetapi sesuaikan sedikit kombinasinya setiap kali. Sekali lagi, ini perlu dilakukan dengan cara yang akan Anda ingat tetapi orang lain tidak akan bisa menebaknya. Jika kata sandi Twitter Anda adalah "Wlge-mfG, bsrw0.Twitter" dan kata sandi Gmail Anda adalah "Wlge-mfG, bsrw0.Gmail", Anda tidak terlalu aman.

Jadi, bagaimana Anda mengingat kata sandi mana yang cocok dengan akun mana? Kami pasti akan merekomendasikan untuk tidak menuliskan kata sandi Anda di mana saja, karena ini seperti meninggalkan kunci utama untuk semua identitas online Anda di satu tempat. Untungnya, ada cara yang lebih aman untuk melacak semua kata sandi ini, dan membuatnya sekuat mungkin.

 

Baca Juga

 

Kelola Kata Sandi Anda

Jika Anda sekarang berpikir Anda tidak akan pernah mengingat semua kata sandi yang perlu Anda pertahankan, jangan panik — bantuan sudah dekat. Browser web Anda menyertakan beberapa opsi manajemen kata sandi dasar untuk menghilangkan beban otak Anda yang kelebihan beban, dan Anda juga memiliki opsi untuk meningkatkan ke pengelola kata sandi mandiri.

Sebagian besar browser menyertakan opsi manajemen kata sandi secara default, jadi Anda dapat menemukannya di Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Microsoft Edge. Anda mungkin sudah menemukannya melalui kotak pop-up yang menanyakan apakah Anda ingin browser Anda mengingat kata sandi. Kata sandi ini biasanya dapat disinkronkan di berbagai komputer dan menyelamatkan Anda dari keharusan mengingat detail login Anda setiap saat.

Fitur-fitur ini cukup aman untuk digunakan, selama akses ke browser Anda aman. Jika tidak, siapa pun yang memuat browser web Anda dapat masuk ke dalam akun Anda dengan beberapa klik. Dalam praktiknya, ini berarti memastikan Anda telah menyiapkan akun pengguna yang dilindungi kata sandi di Windows dan macOS, yang secara efektif mencegah orang lain mengakses cache kata sandi Anda.

Untuk cara yang lebih komprehensif dalam mengatur kata sandi Anda, siapkan program pengelola kata sandi khusus. Aplikasi ini — dan ada banyak pilihan — menyimpan sandi Anda di banyak komputer dan perangkat seluler, dan biasanya membantu Anda memilih sandi yang kuat juga. Tidak seperti daftar kata sandi tertulis, semua yang ada di pengelola kata sandi akan dienkripsi dan dilindungi dengan satu kata sandi utama.

Sebagian besar pengelola dapat digunakan secara gratis, tetapi fitur premium tersedia dengan harga tertentu. Untuk perlindungan yang lebih baik, biasanya mereka juga akan bekerja dengan layanan verifikasi dua langkah. Banyak pengelola kata sandi juga menyimpan informasi sensitif lainnya untuk Anda, termasuk kode Wi-Fi, nomor kartu kredit, dan sebagainya.

 

Jika Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi mobile, Anda  bisa segera menghubungi Crosstechno yang handal dan berkualitas.

Komunikasikan semua kebutuhan aplikasi mobile yang diinginkan kepada Tim Profesional dari Crosstechno, berpengalaman untuk membantu Anda membuat aplikasi mobile sesuai kebutuhan.

Tak perlu pikir lama- lama, pastikan untuk jasa pembuatan aplikasi mobile yang profesional dan terpercaya, Anda hanya mengandalkan sepenuhnya kepada jasa pembuatan aplikasi mobile di Crosstechno.

 

FREE Konsultasi:

Irfanny

Atau kontak kami via email: cs@crosstechno.com / fany@crosstechno.com

Salam,

Crosstechno

Your Success is Our Pride

---

Web Developer – Web Development – Mobile Apps – IT Solution

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…