×

Bagaimana Merancang User Friendly Website ?

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Bagaimana Merancang User Friendly Website ?

17 October 2013

By : jasa web design surabaya

Pengalaman pengguna adalah aspek yang paling penting dari setiap desain situs Web. Tanpa pengalaman pengguna yang berkualitas, audiens tidak dapat benar- benar terlibat dan tidak akan datang kembali. Cobalah tips-tips dan trik berikut ini bagi penyedia jasa design web untuk merancang situs yang user-friendly.

1. Jangan terlalu kreatif

Ini adalah satu hal yang cukup sulit, terutama untuk graphics-oriented designers. Tetapi untuk menjaga situs Anda user-friendly, gunakan cara sesederhana mungkin untuk memberikan apa yang pengunjung Anda inginkan. Jangan terlalu mencolok atau kreatif dengan bagaimana Anda mengatur segala sesuatu atau Anda akan kehilangan pengunjung  Anda bahkan sebelum mereka menyadari kecemerlangan Anda.

Membuat ulang wheel pada navbar adalah buang-buang waktu dan energi dan dapat berpotensi membingungkan pengunjung Anda sedemikian rupa sehingga membuat mereka meninggalkan website dan tidak pernah kembali. Jangan mengejutkan pengunjung dengan menempatkan navigasi di beberapa tempat yang aneh pada situs Anda, tidak peduli seberapa unik Anda pikir itu terlihat. Hal ini tidak hanya khusus untuk navigasi, tetapi juga untuk penempatan elemen lain pada umumnya, unik adalah buruk, mudah dan bersih adalah baik.

2. Jangan membebani situs atau server

Anda harus meredam kreativitas Anda sedikit juga di sini. Meskipun tergoda untuk memasukkan sebanyak mungkin ke satu layar seperti yang Anda inginkan, terlalu banyak hal yang ditambahkan akan benar-benar memperlambat situs Anda. Situs yang lambat adalah sebuah situs yang tidak menarik bagi pengunjung. Ada begitu banyak kompetisi online, jika Anda membuat audiens Anda menunggu beberapa detik ekstra mereka akan cenderung beralih tempat lain daripada menunggu.

Ujilah kecepatan load halaman Anda secara teratur dan tetapkan ukuran file dan resolusi foto untuk membuat situs Anda melesat. Daripada memikirkan bagaimana unsur-unsur akan mempesona audiens Anda, pertimbangkan dulu bagaimana hal itu akan mempertahankan fungsi.

3. Tetap sederhana

Hindari Flash dan Javascript jika Anda tidak membutuhkan mereka. Kode HTML adalah cara paling sederhana dan paling efisien untuk menjaga situs tetap berjalan. Jika Anda menggunakan pengkodean yang tergantung pada pengguna Anda untuk menjaga plugin up-to-date, Anda bisa kehilangan sebagian dari audiens Anda. Dan plugin ini sering tidak tersedia pada perangkat mobile, yang semakin menonjol sebagai titik interaksi utama bagi pengguna.

4. Membuat teks terbaca

Meskipun Anda mungkin suka tampilan teks yang terang pada latar belakang hitam, namun teks akan sulit untuk dibaca dan menyebabkan ketegangan mata. Beberapa pengguna akan memilih untuk melewatkan situs dengan kesalahan ini. Jika Anda benar-benar harus memiliki cahaya pada hitam, gunakan inset putih dengan teks hitam untuk posting. Juga, pastikan untuk memecah posting dengan subheaders sehingga pengguna dapat mengkonsumsi konten Anda dalam potongan kecil. Pastikan untuk menggunakan font yang sederhana juga. Font terlihat unik dan  mewah mungkin cukup menarik, tetapi jika pengguna tidak dapat membaca apa yang dikatakan, semua akan menjadi percuma. Cobalah untuk tidak menggunakan font yang terlalu kecil.

5. Tetap fokus

Sangat menarik untuk mencoba menambahkan lebih banyak topik dan tools untuk menarik banyak pengunjung. Tapi, jika situs Anda memberikan penggunjung Anda terlalu banyak pilihan dan tidak membiarkan mereka fokus pada apa yang terbaik yang Anda lakukan, mereka mungkin tidak menyadari (atau bahkan mencari!) penawaran terbaik anda. Kebanyakan pengguna ingin datang ke situs Anda, memesan atau membaca apa yang mereka inginkan dan melanjutkan hari mereka. Jika mereka tersesat di lautan informasi atau sumber daya, mereka tidak pernah bisa mencapai apa yang mereka inginkan dan, dengan demikian, tidak akan pernah kembali.

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…