×

Apasih Pentingnya User Interface pada Website

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Apasih Pentingnya User Interface pada Website

08 September 2020

Sobat bisnis pernah gak sih kalian menjumpai website yang memiliki tampilan yang gak banget alias amburadul gitu? Contohnya seperti website berikut ini:

image9

Bagaimana pendapat kalian mengenai website diatas ? Kalian pasti merasa gak nyaman, bingung dan pastinya akan kesulitan dalam penggunaanya kan ? Oleh sebab itu disini letak pentingnya mengapa jika kalian akan membuat sebuah website atau aplikasi, kalian juga harus memperhatikan tampilan user interface atau biasa disebut UI.

Kalian tahu UI itu apa ? Bukan Universitas Indonesia loh yaaa…. Tapi UI disini yang mimin maksud itu User Interface ya gengs. User interface atau UI adalah tampilan visual sebuah website, aplikasi atau hardware device hardware kalian lihat seperti apa. Secara sederhana orang menyebutnya sebagai tampilan atau design dari sebuah website atau aplikasi. Namun, dalam kesempatan ini mimin mau membahas pentingnya UI pada website saja ya sob.
Biar kalian lebih paham mana sih yang disebut User Interface itu. Mimin kasih contoh User Interface website dari Youtube. Berikut gambar dari UI Youtube dibawah ini:
image10
User interface dirancang dengan memperhatikan beberapa aspek, yaitu layout, gambar logo, pemilihan warna yang sesuai, typography yang mudah dibaca dan hal lainnya untuk mempercantik tampilan. Tidak hanya UI pada aplikasi yang harus menarik, namun pada website juga harus dibuat semenarik mungkin. Berikut contohnya :
image11

WhatsApp Image 2020 09 01 at 11.27.16

Kemudian, apa sih manfaat dari user interface atau UI yang bagus ?

  1. Memudahkan penggunaan
    Dengan user interface yang baik, maka pengguna akan mudah dalam penggunaan produk digital tersebut. Ciri user interface yang baik ialah pengguna tidak perlu memerlukan pelatihan dalam penggunaanya. Jika hal ini berjalan dengan baik, maka tujuan dalam penggunaan produk tersebut akan dapat terpenuhi.
  2. Meningkatkan penjualan atau pertumbuhan bisnis
    Dengan user interface yang baik tentu untuk membuat pengguna lebih tertarik kepada produk kita sehingga pengguna betah dan nyaman memakai produk digital yang kita buat. Dan hal tersebut tentunya akan berdampak pada penjualan dan pertumbuhan bisnis kalian ya sob.
  3. Meningkatkan kualitas branding|Selain itu tampilan UI juga bisa menjadi ciri khas dari bisnis kalian. Misalnya saja, warna hijau pada UI aplikasi mengingatkan kita pada grab, warna merah pada youtube, warna biru pada aplikasi Dana, warna unggu pada aplikasi OVO, dan warna orange pada aplikasi marketplace shoppe. Nah, kalian juga bisa membuat tampilan UI yang dapat dijadikan sebagai ciri khas bisnis kalian ya, sobat bisisku.

Jadi, karakteristik website yang memiliki UI yang baik adalah :

  1. Jelas
    Memiliki UI yang jelas adalah salah satu elemen penting dalam desain user interface, dimana hal tersebut bertujuan agar pengguna bisa menggunakan dan berinteraksi dengan system kalian dengan mudah. Jika pengguna tidak bisa mengerti bagaimana cara menggunakan dan mengoperasikan website kalian dengan baik, itu akan membuat pengguna kebingungan serta membuat user experience website kalian juga otomatis menjadi buruk.
  2. Singkat
    Selain memiliki kejelasan UI juga harus memiliki penjelasan yang tidak terlalu panjang (to the point), jika meletakkan definisi dan penjelasan pada setiap bagian website kalian, maka itu akan membuat website kalian akan terlihat lebih berantakan. Dan akan menghabiskan waktu pengguna untuk membaca penjelasannya.
  3. Familiar
    Buatlah desain website kalian intuitif. Secara simple, intuitif artinya layout kalian bisa dimengerti dengan mudah secara natural dan hanya dengan menggunakan instinc. membuat layout website kalian intuitif, maka kalian perlu menggunakan desain web yang familiar yaitu sesuatu yang sudah pernah dilihat sebelumnya, dan kalian juga bisa memasukkan hal-hal ini ke desain website kalian.
  4. Responsif
    Interface website kalian harus bisa bekerja dengan cepat. Karena jika website kita loading lama pasti membuat user experience kalian juga menjadi buruk. Namun jika interface kalian bisa loading dengan cepat tentunya user experience kalian juga akan semakin baik.
  5. Konsisten
    Konsistensi pada interface dapat membantu user untuk mengerti pola. Dari satu interface, mereka bisa mempelajari apa kegunaan tombol, tabs, icons, dan berbagai elemen yang ada pada interface tersebut. Jika mereka nantinya menemukan interface yang mirip, mereka dapat dengan mudah mengerti apa kegunaan elemen-elemen yang ada pada interface tersebut. Dengan begitu, mereka bisa mengerjakan sesuatu dengan lebih cepat dan mempelajari fitur-fitur baru dengan lebih cepat pula.
  6. Menarik
    Yang dimaksud dengan menarik disini adalah interface kalian menarik untuk digunakan. Memang jika kalian bisa membuat UI yang simple, mudah digunakan, efisien, dan responsive, kalian dapat dibilang telah memiliki UI yang baik. Tetapi jika kalian juga bisa membuatnya menarik tentunya akan lebih asik untuk digunakan dan juga akan membuat customer kalian lebih senang menggunakan website kalian juga pastinya.
  7. Efisien
    User interface yang baik harus memastikan bahwa website bisa digunakan dengan efisien. Anda perlu tahu dulu apa yang ingin user capai dan biarkan mereka melakukan langkah-langkahnya tanpa banyak masalah. Kalian perlu mengidentifikasi bagaimana website kalian bekerja. Apa saja fungsinya dan apa kegunaannya. Buat interface yang memudahkan user untuk mencapai tujuan mereka.
  8. Forgiving
    Kalian mungkin pernah melakukan kesalahan saat sedang mengakses website. Misalnya, Anda salah menghapus informasi, UI yang baik akan membantu pengguna mengembalikannya dengan cepat. Selain itu, kalau misalnya user masuk ke halaman website yang error, apakah kalian menyarankan mereka untuk mencoba mengarah ke halaman lain website? Tanpa kalian sadari, hal-hal tersebut bisa membantu meningkatkan user experience website kalian loh, sobat bisnis.

Nah, sekarang sobat bisnis sudah paham kan kenapa UI itu penting dalam pembuatan sebuah website. Buat kalian yang ingin membuat website dan ingin websitenya memiliki UI yang baik, responsive, mobile friendly, menarik dan memiliki fitur-fitur terbaru Crosstechno ahlinya. Kami akan buatkan website custom sesuai dengan keinginan kalian, your dreams will come true.
Oh iya, ternyata UI dan UX itu suatu hal yang berbeda loh, sobat bisnis. Mau tau apa bedanya, baca artikel Apa perbedaan UI dan UX ???

BUAT WEBSITE CUSTOM SEKARANG !!!

 

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…