×

Apa itu Influncer dan Tips Jitu Memilih Influencer yang Tepat

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Apa itu Influncer dan Tips Jitu Memilih Influencer yang Tepat

27 August 2020

Hai, Sobat bisnis…. Tahukah kalian bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki pengguna sosial media terbanyak di Dunia ? Misalnya saja Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, Tiktok, Whatsapp, Line dan banyak media sosial lainnya yang sangat akrab di kehidupan masyarakat Indoneisa saat ini. Sehingga wajar jika saat ini banyak para pemilik bisnis yang memanfaatkan jasa dari seorang influencer untuk membantu promosi bisnis mereka. Bagaimana tidak, saat ini para konsumen lebih percaya review dari orang lain untuk menentukan suatu penilaian terhadap suatu produk. Hal tersebut disebabkan karena perilaku skeptis para konsumen terhadap brand.
Disinilah pentingnya seorang influencer sebagai solusi untuk mempromosikan produk kalian. Berpromosi melalui influencer memungkinkan kalian untuk beriklan melalui seseorang yang dikenal dan dipercaya. Dengan hal ini maka audiens tidak akan skeptis terhadap iklan media sosial karena konsumen percaya bahwa influencer mereka menyukai produk tersebut.

Apakah kalian sudah tertarik menggunakan influencer untuk brand atau produk kalian? Namun alangkah lebih baik sebelum kalian memutuskan untuk menggunakan influencer, kalian harus mempelajari apa saja manfaat influencer bagi bisnis kalian terlebih dahulu. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan saat bekerja sama dengan seorang influencer:
1. Membuat konsumen lebih percaya terhadap produk kalian.
2. Penjualan meningkat
3. Menjangkau lebih banyak konsumen
4. Followers akun bisnis kalian naik

Ada beberapa tips yang bisa kalian pertimbangkan sebelum menjatuhkan pilihan ke salah satu influencer. Simak ulasan berikut ini:
1. Sesuaikan budget yang tersedia
Seperti kegiatan promosi lainnya kalian juga harus memperhatikan dari sisi budget yang kalian miliki. Jika kalian memiliki budget terbatas tidak masalah untuk kalian memilih influencer skala kecil yang memiliki jumlah followers yang belum terlalu banyak. Walaupun dengan menggunakan influencer skala kecil banyak juga keuntungan yang akan didapatkan karena Pada umumnya, influencer skala kecil mengenal/saling kenal dengan sebagian besar followersnya. Hal inilah yang menjadikan influencer skala kecil bisa menghasilkan tingkat engagement yang sangat tinggi, bahkan bisa lebih dari 50% dari jumlah followersnya.

2. Lihat followersnya
Hal yang paling utama dalam memilih influencer ialah followers-nya. Semakin banyak followers maka kesempatan produk kamu dilihat oleh banyak orang akan semakin besar. Oleh karena itu, mimin saranin agar kalian memilih influencer yang telah banyak followers-nya namun juga harus diingat harus sesuai dengan budget yang kalian miliki. Namun jangan asal pilih influencer yang banyak ¬followers-nya saja, kalian harus memperhatikan juga followers¬-nya itu asli atau fiktif. Kalian pasti tahu lah ya sekarang banyak beredar jasa jual beli followers. Jika followers dari influencer yang kalian pilih banyak yang fiktif jelas itu tidak akan berpengaruh dan malah rugi di pihak kalian. Kalian juga bisa lihat tuh dari jumlah komen dan like di setiap postingan konten mereka.

3. Perhatikan relevansi brand
Selanjutnya yang harus kalian perhatikan pula tuh apakah influencer influencer yang kalian pilih cocok dengan produk yang kalian miliki. Misalnya kalian menjual produk jilbab, namun dalam keseharian influencer yang kalian pilih tidak berjilbab bahkan sering memakai pakaian yang kurang bahan, upsss wkwkwk…
Kalo sudah gitu kan nantinya tidak relevan dan terkesan dibuat-buat. Jadi, kalian harus mencari influencer yang sesuai dengan produk yang akan kalian pasarkan ya…

4. Memiliki reputasi yang baik
Memiliki reputasi yang baik juga menjadi salah satu hal yang harus kalian perhatikan ya gengs. Buat apa kalian memakai jasa influencer yang memiliki reputasi yang buruk, misalnya saja sering bermasalah dengan masalah hukum atau dari perilakunya yang kurang baik. Hal tersebut tentunya akan berpengaruh juga pada produk kalian ya gengs.
Dengan kalian memilih influenceri yang memiliki reputasi yang baik, tentunya akan memiliki personal branding yang baik pula. Dan dari sini pula akan semakin membantu dalam membangun branding yang baik pada produk kalian.

5. Memiliki engagement yang tinggi
Keterikatan (engagement) antara influencer dengan followernya juga perlu Anda cermati. Sebab, hal itu bisa menjadi tolok ukur bagaimana promosi produk kalian akan menyentuh calon konsumen kalian.
Misalnya saja, jika melihat influencer yang memilki followers banyak namun engagementnya kecil itu jelas akan kurang menguntungkan. Jadi pilih influencer yang memiliki followers banyak dan engagement yang tinggi pula.
Trus bagaimana cara agar kita mengukur tingkat egagemnet dari influencer? Tenang, kalian tidak perlu menghitungnya secara manual. Sudah banyak tools yang kalian bisa gunakan dalam mengukur tingkat engagement seorang influencer dengan followersnya, seperti : Engagement Calculator
Jadi, ingat ya sobat bisnis pilih influencer yang memiliki jumlah followers banyak dan tingkat egagementnya tinggi.

6. Cek riwayat feed influencer
Oh, iya. Jangan lupa cek riwayat feed mereka untuk mengetahui dan memastikan tidak ada kompetitor dari bisnis kalian disana. Sehingga nantinya akan membuat promosi kalian lebih maksimal dan berdampak besar terhadap perkembangan bisnis kalian ya sobat bisnis.

7. Intensitas update konten yang baik
Nah, hal yang satu ini juga jangan sampai tidak menjadi perhatian kalian dalam menentukan influencer yang akan kalian pilih ya, sobat bisnis. Kenapa demikian ? Sebab jika influenceri ayang kalian pilih sangat sering melakukan update konten dalam sehari, kemungkinan besar konten promosi kalian akan cepat hilang karena tenggelam dengan postingan-postingan yang terbaru. Namun juga jangan memilih influencer yang sangat jarang melakukan update konten juga, karena kemungkinan engagement followersnya juga mulai redup. Jadi harus pilih yang mana dong? Pilih influencer yang tidak sering dan jarang melakukan update konten, jadi intinya cermati terlebih dahulu bagaimana kebiasan influencer yang menjadi target kalian, dalam mengelola postingan.

Nah, sekarang kalian sudah paham kan, alasan mengapa perlu mencoba strategi marketing dengan menggunakan jasa seorang influencer dan tips dalam menentukan influencer yang akan membantu dalam promosi produk dan bisnis kalian. Oh iya, sobat bisnis. Agar produk atau bisnis kalian lebih dipercaya kalian harus memilki sebuah website. Kenapa demikian ? Simak penjelasannya pada artikel berikut Alasan Kenapa Harus Memiliki Website.



BUAT WEBSITE SEKARANG!!!

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…