×

Alternatif Mesin Pencari Selain Google Yang Melindungi Data Privasi

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Alternatif Mesin Pencari Selain Google Yang Melindungi Data Privasi

13 February 2020

Mungkin juga selama ini Anda tahu Google sebagai satu-satunya mesin pencari. Akan tetapi, tahukah Anda ternyata ada banyak alternatif selain Google? Berikut daftar mesin pencari yang melindungi informasi pengguna :

a6

Jika Anda adalah orang yang memprioritaskan privasi, maka mesin pencari ini sesuai untuk Anda. Di Google, aktivitas pencarian Anda akan dilacak dan dikemas dalam bentuk profil data sehingga pengiklan dapat mengikuti Anda di internet. Sebagai contoh, ketika Anda melakukan pencarian untuk suatu merek mobil, maka Google akan terus menampilkan iklan yang berhubungan dengan merek mobil tersebut di berbagai website yang Anda kunjungi.

Tidak seperti Google, DuckDuckGo ini tidak akan men-tracking aktivitas pencarian Anda. DuckDuckGo tidak akan menggunakan cookies dan mengumpulkan informasi pribadi dari penggunanya.

b5

Selain DuckDuckGo, PrivacyWall juga bisa Anda gunakan untuk melindungi privasi ketika melakukan pencarian. Misi dari PrivacyWall adalah agar konsumen, bisnis, atau bahkan pemerintah memiliki sebuah kontrol untuk melindungi privasi data mereka. PrivacyWall menyadari bahwa saat ini banyak mesin pencari yang menangkap dan merekam semua aktivitas online Anda. Oleh karenanya, mereka menyediakan solusi dengan layanan privasi yang lebih baik.

c

Mesin pencari selain Google yang selanjutnya adalah Qwant. Qwant dirancang dan dibangun dengan dua pilar mendasar yaitu melindungi privsi pengguna dan tidak mengumpulkan data pribadi pengguna. Mesin pencari ini juga akan mengindeks website tanpa diskriminasi atau dengan kata lain tidak ada situs website yang diprioritaskan untuk muncul pada hasil pencarian. Selain itu, Qwant juga memperhatikan penggunanya yang berusia 6 sampai 13 tahun dengan menghadirkan Qwant Junior. Tidak seperti Google, Qwant adalah mesin pencari bebas cookies. Oleh karenanya, mesin pencari ini tidak menyimpan riwayat penelusuran Anda.

d

Hampir sama seperti DuckDuckGo, Search Encrypt merupakan mesin pencari yang memiliki perhatian ke privasi dan keamanan data. Ia mengombinasikan Secure Socket Layer (SSL) dengan AES-256 encryption untuk melindungi data Anda. Keduanya tak hanya memastikan data takkan dicuri oleh peretas dan bot, melainkan juga aman dari local users yang terhubung ke komputer Anda. Di sisi lain, Search Encrypt juga menawarkan pencarian video dan maps yang aman. Untuk map, Search Encrypt menggunakan peta dari Open Street Map yang merupakan proyek kolaboratif yang dapat diedit secara bebas. Sedangkan untuk pencarian video, mesin pencari satu ini memblokade iklan sambil melindungi data pribadi dan kata kunci pencarian yang Anda pakai. Karenanya, mungkin hasil pencarian video yang Anda temukan takkan selengkap Google. Meski begitu, fitur keamanan yang cukup lengkap menjadikan Search Encrypt sebuah browser yang patut dijajal.

e

Keamanan privasi adalah hal penting. Begitu pula dengan hasil pencarian yang lengkap. Karena itulah StartPage ada. Mesin pencari satu ini berhasil menggabungkan antara keamanan data pribadi dan hasil pencarian yang relevan dengan Anda. Bagaimana caranya? StartPage secara legal membayar Google untuk menggunakan sistem mesin pencari yang mereka miliki. Dengan begitu, StartPage berhasil menyajikan hasil pencarian paling lengkap di internet. Namun, ini belum berakhir sampai situ. StartPage juga turut membayar Google supaya menghilangkan trackers yang mengumpulkan informasi personal Anda. Hasilnya, tidak ada informasi pribadi yang dicuri dan hasil pencarian yang ditampilkan bersifat netral. Sebuah inovasi yang menarik, bukan?

f

Gibiru adalah browser yang memperhatikan aspek privasi sekaligus isu sensor konten. Itu mengapa Gibiru merupakan mesin alternatif yang tepat jika Anda memiliki perhatian pada dua isu tersebut. Di bidang privasi, Gibiru mengaku tidak menyimpan kata kunci, riwayat pencarian, dan IP dari pengguna. Dengan begitu, Gibiru takkan menjual data personal Anda kepada pihak ketiga. Namun, tak cukup sampai di situ saja. Gibiru juga memiliki perhatian pada sensor konten. Browser ini menganggap mesin pencari umumnya menutup-nutupi beberapa konten yang tidak sesuai dengan standar. Hal ini mempersulit website-website baru untuk mendapatkan pembaca. Itu mengapa Gibiru memberikan dua opsi dalam hasil pencarian, yaitu All Results dan Uncensored. Jika Anda menginginkan hasil pencarian sebatas pada web dan gambar, seharusnya Gibiru menjadi alternatif yang tepat. Sebab, dengan fitur-fitur di atas Gibiru memang hanya memberikan dua opsi jenis konten untuk dicari. Jenis konten seperti lokasi, video, dan produk belum tersedia dalam browser ini.

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…