×

7 Cara Sederhana Membuat Sebuah Website Yang Berpusat Pada Pengguna

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
7 Cara Sederhana Membuat Sebuah Website Yang Berpusat Pada Pengguna

24 July 2014

By : web design surabaya

Penyedia jasa surabaya web design harus memikirkan dari segi pengguna pada saat merancang sebuah website. Jika Anda sedang merancang sebuah situs dengan fokus utama hanya pada fitur yang terlihat mewah, tujuan bisnis dan kapasitas teknologi dari perangkat lunak dan perangkat keras, maka Anda membuat kesalahan besar karena Anda mengabaikan pengguna. Lebih penting lagi, Anda bertentangan dengan salah satu aturan desain web : Desain untuk pengalaman pengguna (user experience).

Desain web yang berpusat pada pengguna didefinisikan sebagai tujuan perancang untuk meningkatkan kegunaan dari situs web. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kegunaan suatu website, contohnya adalah navigasi dan pengambilan informasi yang efisien. Cara lain untuk melihat kegunaan dari situs web adalah dengan melihat seberapa relevan konten web untuk pengguna, selain itu kegunaan juga dapat dilihat dari segi kemudahan penggunaan.

Bagian yang paling penting dari proses ini adalah end user. Pembuatan web yang berpusat pada pengguna membangun situs dari perspektif pengguna dan dengan memikirkan kepuasan mereka setiap saat.

1. Berkonsentrasi pada visibilitas
Visibilitas mengacu pada unsur-unsur penting situs, seperti alat bantu navigasi yang sangat mencolok untuk pengguna. Hal ini memungkinkan pengguna untuk dapat segera mencari tahu apa yang bisa dilakukannya dan apa yang dia tidak bisa lakukan. Dengan demikian, visibilitas sangat membantu dalam mendampingi pengguna untuk memprediksi efek tindakan mereka.

2. Beban memori harus dijaga seminimal mungkin
Menjelajahi situs yang dirancang buruk akan memberatkan bagi memori rata-rata pengguna. Tidak ada yang lebih buruk daripada benar-benar memaksa pengguna untuk mengingat arti unsur-unsur tertentu situs dari satu halaman ke halaman lainnya. Cara untuk mengatasi hal ini adalah untuk memastikan bahwa elemen layar terarah dan konsisten di seluruh situs.

3. Umpan balik seharusnya instan
Tidak ada yang seperti feedback langsung untuk membuat situs sebagai situs yang berpusat pada pengguna. Umpan balik yang cepat memberitahu pengguna bahwa terdapat action di situs-seperti mengklik suatu tombol. Misalnya, dalam aplikasi yang paling dasar, sesuatu di situs harus berubah setelah pengguna mengklik tombol.

4. Membuat aksesibilitas sebagai prioritas
Pengunjung situs ingin informasi yang mereka butuhkan dapat ditemukan dengan efisien dan cepat. Karena itu aksesibilitas dapat mengambil berbagai bentuk. Ide lainnya termasuk organisasi konten web menjadi potongan kecil dari bagian yang mudah dicerna dengan memanfaatkan format yang masuk akal untuk pengguna dan bahkan membuatnya mudah bagi pengguna untuk skim tulisan yang ada pada halaman web.

5. Jangan lupa orientasi situs
Penyedia jasa surabaya web design dapat mencapai orientasi situs dengan cara membuat petunjuk navigasi yang dapat mengambil berbagai bentuk. Contoh yang paling kuat termasuk sitemap, link deskriptif dan elemen situs yang sangat terlihat pada setiap halaman yang memberitahu pengguna dimana mereka relatif ke halaman lain, serta bagaimana untuk menavigasi ke halaman yang berbeda.

6. Membuat situs menjadi menyenangkan
Penyedia jasa surabaya web design sebaiknya membuat situs yang nyaman untuk digunakan dan dilihat. Secara keseluruhan, semakin puas pengguna dengan interface situs Anda, maka semakin besar keyakinan mereka mengenai informasi yang terdapat di situs.

7. Meyatukan bersama-sama dengan desain visual
Desain visual adalah estetika seluruh interface Anda. Hal Ini menjadi fokus penting  sebagai sarana dalam berkomunikasi baik nada dan informasi kepada pengguna. Beberapa aspek yang paling penting dari desain visual yang baik adalah membuat halaman web yang menampilkan campuran yang menarik dan sederhana, penggunaan warna konservatif; dan membuat elemen yang paling penting menjadi yang paling menonjol secara visual.

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…