×

3 Tipe Web Design Layout

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
3 Tipe Web Design Layout

16 April 2013

By : Jasa Desain Web

Terdapat banyak faktor penentu keberhasilan website, dan salah satu yang harus diperhatikan designer web Surabaya adalah  perancangan layout atau tata letak website. Meskipun Anda memiliki situs web yang besar dengan konten suara dan gambar, situs Anda akan terlihat payah jika Anda gagal untuk membuat tata letak yang menguntungkan. Sebuah tata letak situs web yang profesional dengan beberapa elemen visual ajaib akan meringankan bola mata dari setiap pengunjung yang bergerak di situs Anda.

Sebagaimana tata letak menentukan daya tarik visual secara keseluruhan dari situs Anda, mengumpulkan beberapa ide dasar pada berbagai jenis layout web adalah suatu ide yang baik. Setiap desain tata letak  memiliki beberapa keunikan dan tujuan. Designer web di Surabaya perlu memahami tujuan yang mendasari tata letak yang berbeda sebab akan membantu untuk dapat mencapai desain web yang fantastis. Tidak hanya elemen visual yang penting tapi juga rancangan layout yang SEO-friendly dan user-friendly. Berikut ini adalah beberapa jenis layout yang dapat Anda pilih untuk digunakan dalam pembuatan website.

Fixed:

Ini adalah layout atau tata letak primitif yang disukai oleh banyak orang, dan mudah untuk dibuat serta disesuaikan. Sebagaimana namanya, komponen website dikemas dalam lebar yang tetap . Dari pernyataan di atas jelaslah bahwa siapa pun yang melihat website dari browser dengan ukuran apa pun akan melihat website beserta komponen - komponennya dalam lebar yang tetap dan mereka tidak akan berpindah. Jika designer web di Surabaya menggunakan layout tipe fixed, lebar tata letak situs web tetap sama bahkan ketika dilihat di browser yang berbeda. Bila dilihat melalui layar yang lebih besar, pengguna akan dihadapkan dengan spasi. Bila dilihat melalui layar yang lebih kecil, pengguna harus scroll website secara horizontal (yang tidak disukai oleh sebagian besar pengguna) untuk melihat elemen web.

Fluid:

Ini adalah salah satu tipe layout  yang paling disukai oleh web designer. Layout dengan tipe fluid akan membuat keseluruhan tampilan situs web terlihat baik pada browser yang berbeda. Lebar persentase yang dirancang untuk elemen - elemen situs menyesuaikan dengan baik untuk ukuran layar yang berbeda dan sesuai untuk resolusi layar pengguna dengan sempurna. Beberapa poin yang menarik sedikit tentang tata letak ini adalah: Tidak ada perbedaan white space yang berlebihan ketika dilihat melalui browser yang berbeda, sebuah fluid layout yang dirancang dengan baik dapat mengatasi horizontal scroll untuk meningkatkan visibilitas pengguna, menyiapkan beberapa ukuran untuk video, konten, gambar agar sesuai dengan resolusi layar yang berbeda.

Elastic:

Secara singkat, ini tidak lain adalah kombinasi dari dua layout lainnya, fixed dan fluid. Ini adalah tata letak terbaik yang kebanyakan diadopsi berbagai website untuk saat ini, terutama setelah masuknya ponsel ke pasar. Pada tipe ini, ukuran font menyesuaikan diri setiap kali terjadi perubahan resolusi layar. Jadi, jika designer web Surabaya menggunakan tipe ini, layout akan sesuai dengan berbagai ukuran dan resolusi layar yang berbeda sehingga dapat menyediakan visibilitas pengguna web menyenangkan.

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…