×

Apa Yang Diperlukan Untuk Membuat Konten Viral Marketing Yang Efektif?

PRODUCT DETAIL

Archives

2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2015 2014 2013 2012
Apa Yang Diperlukan Untuk Membuat Konten Viral Marketing Yang Efektif?

06 November 2015

By : Web Design Surabaya

Viral marketing adalah suatu teknik pemasaran yang mendorong seseorang untuk menyampaikan (menyebarkan) pesan atau informasi ke orang lain. Hal ini tentunya lebih mudah dilakukan saat ini karena dapat dilakukan melalui email dan juga social media. Salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan agar viral marketing dapat berhasil adalah penggunaan konten yang tepat. Konten berupa gambar, video, atau infographic yang mudah diingat dan menggugah orang untuk mengikutinya akan membuat informasi yang ada pada konten tersebut  terus menyebar, ‘mewabah’ dan ‘menular’, dari satu orang ke orang lainnya secara viral, layaknya virus. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat membuat suatu konten menjadi viral.

Melibatkan sisi emosional

Konten yang mengenai sisi emosional seseorang secara positif maupun negatif, biasanya akan mendorong orang tersebut untuk kembali menyebarkan konten tersebut. Contohnya adalah iklan dari beberapa negara yang menggunakan video yang dapat menyentuh emosi seseorang

Unsur Kejutan / Wow-Factor

Unsur kejutan adalah salah satu hal penting dari viral marketing karena unsur kejutan akan memberikan suatu hal yang baru dan menarik untuk disebarluaskan oleh orang – orang. 

Provokatif dan persuasif

Konten ini dimaksudkan untuk mengajak khalayak untuk melakukan hal tertentu.

Mempunyai manfaat

Konten harus memiliki manfaat, banyak dicari (dibutuhkan), bisa diterapkan dalam keseharian dan mengedukasi masyarakat.

Unsur humor

Humor merupakan cara yang baik untuk memulai viral marketing. Jika anda dapat membuat seseorang tertawa, mereka akan segera terdorong untuk membuat orang lain agar merasakan hal yang sama. Hal ini juga berlaku untuk unsur kejutan atau dengan cara-cara lain yang membangkitkan sebuah perasaan yang kuat dari orang yang melihatnya.

Waktu Yang Tepat

Konten yang tepat di saat yang tepat akan menimbulkan efek impulsive sehingga dapat tersebar dengan cepat. Sebaliknya jika konten dimunculkan sudah lewat masanya, maka potensi untuk viral dan dilihat oleh khalayak akan semakin menurun.

Jelas dan menarik.

Konten yang diterbitkan harus mampu menyampaikan pesan dengan jelas, padat dan mudah dimengerti.

6
5, 2024
Masa depan kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi kedua-duanya: mengancam dan membuka peluang baru. Ban…
28
3, 2024
Software Property : Pengertian dan Manfaat
Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupa…
22
3, 2024
Di era digital yang terus berkembang, bisnis menghadapi berbagai tantangan baru yang belum pernah te…