Buat website murah hanya 1.5 juta, klik disini.
Lowongan pekerjaan full time / part time / magang klik disini.
All in ONE Solution

Bagaimana Cara Melakukan SEO Audit Pada Website ?

27 Sep 2013

SEO Search Engine Optimize

Karena praktik dan prosedur search engine optimization (SEO) terbaik berubah sepanjang waktu, penyedia jasa SEO Surabaya harus melakukan penilaian secara berkala untuk menentukan perlu atau tidaknya penyesuaian. Jika sebuah website bisnis tidak dioptimalkan secara benar untuk proses pencarian, kemungkinan besar website akan kehilangan sejumlah besar lalu lintas dari mesin pencari, termasuk dari pelanggan potensial.

Untuk mengaudit SEO pada suatu situs secara benar, lakukanlah langkah-langkah berikut setidaknya sekali atau dua kali setahun:

1. Mengecek optimasi on-page.
Salah satu cara termudah untuk dapat dengan cepat meningkatkan peringkat website adalah melalui optimasi on-site. Meskipun memerlukan waktu untuk membangun backlink berkualitas tinggi, ciri lain dari kinerja SEO yang baik adalah perubahan yang dilakukan akan menunjukkan hasil hanya dalam waktu beberapa jam.

Mulailah Audit SEO Anda dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut. Mengidentifikasi kelemahan di daerah ini bisa memberikan tempat yang mudah untuk memulai perbaikan website di masa depan:

     Apakah tag judul saya (berita utama) yang ditulis untuk menarik pengunjung situs dan pengunjung dari mesin pencari, atau mereka "keyword stuffed ”.
     Apakah tag judul saya mengandung kata kunci SEO yang relevan dan penyebutan brand?
     Adalah tag judul saya tidak lebih dari 65 karakter?
     Apakah tag meta description (yang menampilkan penjelasan preview untuk halaman dalam hasil pencarian) menyediakan konten yang menarik yang akan menarik bagi pemirsa hasil mesin pencari?
     Apakah setiap halaman di website saya berisi content yang ditulis secara alami, kata kunci-kaya tag <h2> (judul dalam posting)?
     Apakah setiap halaman di website saya termasuk berkualitas tinggi, konten asli?
     Apakah halaman saya berisi link internal untuk memfasilitasi pengunjung dan pergerakan robot mesin pencari di seluruh situs saya?
     Apakah Gambar-gambar saya dioptimalkan sesuai dengan SEO praktik terbaik saat ini?

2. Periksa broken link atau dead page.
Hindari broken outbond link atau link link internal ke halaman "mati" yang telah dihapus dari situs Anda. Mereka dapat merusak kinerja SEO situs Anda, jadi pastikan untuk mengidentifikasi masalah tersebut.

Jika situs Web Anda berjalan pada sistem manajemen konten (CMS) atau platform e-commerce, Anda mungkin dapat menginstal alat yang dapat memeriksa ini secara otomatis. Misalnya, jika situs Anda berjalan pada WordPress, installah plugin yang dapat mengecek broken link dan memberitahu Anda setiap kali link yang rusak terdeteksi.

Atau, cukup arahkan ke situs seperti BrokenLinkCheck.com dan menjalankan layanan ini untuk memeriksa link secara gratis dan mengidentifikasi masalah apapun di situs Anda yang perlu diselesaikan.

3. Pastikan situs Anda dapat diindeks oleh search engine.
Selain memastikan bahwa link yang rusak tidak ditelusuri oleh robot mesin pencari pada saat mereka berada di situs Anda. Hal lain yang juga penting adalah agar program otomatis dapat mengakses situs Anda.

Sejumlah isu - dari code file yang tidak terpasang dengan benar dan konten situs yang dihack - dapat mencegah mesin pencari dari membaca konten Anda dengan benar. Untuk menentukan apakah hal ini terjadi atau tidak pada situs Anda, masukkan URL Anda pada Search Engine Simulator WebConf. Jika Anda dapat melihat konten Anda diampilkan dengan benar sebagai teks, maka mesin pencari juga dapat mengakses situs Anda.

4. Periksa link profil Anda dan bandingkan dengan pesaing.
Setelah Anda selesai dengan on-site elemen, periksa keadaan profil backlink situs Anda. Jumlah dan kualitas link yang menunjuk pada situs Anda memainkan peran utama dalam kinerja konten Anda dalam hasil pencarian mesin pencari.

Untuk melakukannya, gunakan alat explorer link seperti Majestic SEO atau SEOMoz  untuk melihat daftar semua link yang menunjuk pada situs Anda. Berikan perhatian khusus pada:

     Jenis-jenis link yang situs Anda telah menerima, seperti link direktori, press release, link media sosial dan banyak lagi.
     Apakah atau tidak situs mengirimkan link yang terkemuka.
     Apakah atau tidak situs mengirimkan link terkait dengan konten situs Anda.

Kemudian, jalankan penilaian ini sama pada website pesaing Anda. Proses ini bisa memunculkan peluang membangun backlink untuk masa depan SEO off-site situs Anda, serta mengungkap pola pembuatan link dalam industri Anda yang harus diperhatikan.

5. Uji kecepatan situs Anda.

Periksa kecepatan rata-rata load halaman situs Anda, karena Google telah tegas menyatakan bahwa ia berniat untuk memprioritaskan kecepatan situs sebagai faktor dalam algoritma pencarian alami.

Untuk mengetahui apakah situs Anda cepat atau lambat, kunjungilah google Page Insight tool dan masukkan URL Anda. Alat ini kemudian akan menganalisa beban situs Anda dan memberikan saran untuk perbaikan. Anda dapat membuat perubahan pada website yang Anda kerjakan.

comments powered by Disqus